• Berdiri: 1905
  • Alamat: Stamford Bridge, London SW6 1HS England
  • Telepon: 0870 300 1212
  • Faksimile: 020 7381 4831
  • Surat Elektronik: fitc@chelseafc.com
  • Laman Resmi: http://www.chelseafc.com
  • Ketua: Bruce Buck
  • Direktur: Ron Gourlay & Eugene Tenenbaum
  • Stadion: Stamford Bridge
 pada postingan pertama saya,saya akan memposting tentang sedikit sejarah tentang chelsea, semoga bermannfat, sekidot :)

Fulham, London merupakan kota Chelsea FC berasal, klub tersebut didirikan pada tahun 1905 dan mempunyai stadion sendiri yang bernama Stamford Bridge. Stadion tersebut dibuka pertama kali pada tahun 1877, mempunyai kapasitas kurang lebih 41.837 kursi.

Dengan dilakukannya beberapa kali renovasi, stadion tersebut akhirnya mempunyai bangunan dan fasilitas yang jauh lebih modern.

Chelsea FC dimiliki oleh milyader asal Rusia bernama Roman Abramovich, sebelumnya Abramovich merupakan pemilik lebih dari satu perusahaan yang mengendalikan klub tersebut.

Hingga pada akhirnya dia memutuskan untuk membeli Chelsea FC yang mana pada saat itu sedang mengalami kesulitan financial. Dengan kepemilikan tersebut Abramovich segera melakukan pembenahan seperti menambah modal, pengambil alihan beban hutang dan melakukan transfer-tarnsfer para pemain.

Dibawah naungan Abramovich, Chelsea ingin menjadikan diri sebagai klub yang mendunia, salah satunya dengan membuat tempat latihan yang mewah bernama Cobham Surrey.

Chelsea sendiri sudah berhasil memenangkan beberapa pertandingan dalam kejuaran Liga Inggris dan Champions, hal tersebut tentunya bisa membuktikan bahwa Chelsea merupakan salah satu klub yang bergengsi di Inggris dan patut diperhitungkan. Dengan lambing atau logo klub seekor singa yang sedang memegang tongkat kebesaran, membuat Chelsea FC semakin layak diperhitungkan dalam setiap pertandingan yang diikutinya.

Karena symbol tersebut sama dengan simbol kekuatan dan kekuasaan yang besar, untuk kostum Chelsea memilih penggunaan warna biru serta warna putih untuk kaus kakinya.

Dalam perjalanannya Chelsa FC banyak mengikuti pertandingan dan memenangi beberapa kejuaraan, namun sempat vakum pada beberapa decade (setangah abad yang lalu). Hingga pada tahun 2005 Chelsea kembali berhasil menjadi juara pada Liga Utama Inggris, yang dimanajeri oleh Jose Mourinho untuk periode 2004-2007 dan Mourinho sendiri mendapatkan dukungan penuh dari pemilik Chelsea FC, Roman Abramovich.

Pada periode tahun 2005-2007 Chelsea kembali memenangi kejuaran Liga Utama Inggris dan Piala Carling dua kali berturut-turut. Namun pada tahun 2007-2008 Chelsea sempat mengalami kekalahan dan melakukan beberapa kali pergantian pelatih, terakhir (2011-2012) klub tersebut di tangani oleh Roberto Di Matteo sebagai pelatih.

Berkat tangan dinginnya dalam mengarahkan para pemain akhirnya Matteo berhasil membawa Chelsea menjuarai Piala FA ketujuh kalinya dan juga Piala Champions, dengan dua gelar tersebut Chelsea FC menjadi klub sepak bola yang pertama kali mendapatkannya di London.

Karir awal Matteo adalah sebagai salah satu pemain pada klub tersebut (Chelsea) pada era tahun 1990, yang akhirnya pensiun pada tahun 2002 karena mengalami cidera patah tulang.

Dengan pernah terlibatnya Matteo sebagai pemain Chelsea, membuat dia sedikit banyak mengerti seluk beluk klub tersebut dan apa saja yang harus dilakukannya dalam memberikan startegi dan arahan kepada para pemainnya.

Selain mempunyai pelatih yang hebat, Chelsea FC juga mendapatkan para pemain yang sangat energic dan professional dalam melakukan berbagai pertandingan yang akan diikuti oleh mereka. demikian informasi yang saya sampaikan semoga bermanfaat. Terima kasih

sumber : 1. http://analisabola.com/2012/08/chelsea-fans-club-indonesia-perlu-tahu-sejarah-chelsea/

About these ads